Merymaswarita's Blog

Just another WordPress.com weblog

DEFINISI PENDIDIKAN, TEKNOLOGI & TP November 6, 2009

Filed under: Uncategorized — merymaswarita @ 7:20 am

DEFINISI PENDIDIKAN

 

Definisi yang dikemukan oleh para ahli antara lain adalah sebagai berikut :gbr tp

  1. Langeveld

Pendidikan adalah setiap usaha,pengaruh,perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah,buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebaginya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa. (Hasbullah, 2008 :2)

  1. John Dewey

Pendidikan adalah Proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesame manusia. (Hasbullah, 2008:2)

  1. J.J. Rousseau

Pendidikan adalah member kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa. (Hasbullah, 2008:2)

  1. Driyarkara

Pendidikan adalah pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf insane. (Hasbullah, 2008:2)

  1. Ahmad D. Maeimba

Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

(Hasbullah, 2008:3)

  1. Carter V. Good

Pendidikan adalah

  1. seni, praktik, atau profesi sebagai pengajar;
  2. Ilmu  yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip dan metode-metode mengajar, pengawasan dan bimbingan murid; dalam arti luas digantikan dengan istilah pendidikan. (Hasbullah, 2008:3)
  3. Ki Hajar Dewantara

Pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya. (Hasbullah, 2008:4)

  1. UU Nomor 2 Tahun 1989

Pendidikan adalah Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. (UU Republik Indonesia Nomor 2 thn 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional,1992 : 2)

  1. UU Nomor 20 Tahun 2003

Pendidikan adalah Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritualkeagamaan, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. (UU RI. No. 20 Thn.2003 tentang Sisdiknas, 2003 :2)

  1. Crow and Crow

Pendidikan adalah proses yang berisi berbagai macam kegiatan yang cocok bagi individu untuk kehidupan sosialnya dan membantu meneruskan adat dan budaya serta kelembagaan sosial dari generasi ke generasi (Ihsan, Fuad, 2008:4-5)

 

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pendidikan adalah Proses pengubahan sikap dan tata laku seorang atau kelompok atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (Balaipustaka,1990:263)

  1. Ensiklopedi Pendidikan

Pendidikan dalam arti yang luas meliputi semua perbuatan dan usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya serta keterampilan, Kepada generasi muda sebagai usaha menyiapkannya agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmaniah maupun rohaniah (Poerbakawatja,Soegarda dan Harahap,1982:257)

  1. Kamus Pendidikan Pengajaran Umum

Pendidikan adalah Semua perbuatan dan usaha dari seorang pendidik untuk mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya serta keterampilan lainnya. (Saliman dan Sudarsono,178)

Dari uraian diatas, maka pendidikan dapat diartikan sebagai :

  1. Suatu proses pertumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungan;
  2. Suatu pengarahan dan bimbingan yang diberikan kepada anak dalam pertumbuhannya;
  3. Suatu usaha sadar untuk menciptakan suatu keadaan atau situasi tertentu yang dikehendaki oleh masyarakat;
  4. Suatu pembentukan kepribadian dan kemampuan anak dalam  menuju kedewasaan.

Dari seluruh uraian tentang pengertian pendidikan diatas dapat kita kemukakan bahwa :

  1. Pendidikan adalah aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya yaitu rohani (pikir, karsa, rasa,

cipta dan budi rohani) dan jasmani (panca indera serta keterampilan-keterampilan).

  1. Pendidikan juga berarti lembaga yang bertanggung jawab menetapkan cita-cita (tujuan) pendidikan, isi, sistem dan organisasi pendidikan. Lembaga-lembaga ini meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat.
  2. Pendidikan berarti pula hasil atau prestasi yang dicapai oleh perkembangan manusia dan usaha lembaga-lembaga tersebut dalam mencapai tujuannya.

 

 

 

 

 

 

 

DEFINISI TEKNOLOGI

 

 

Definisi teknologi yang dikemukakan oleh para ahli atara lain dalah

  1. Jacques Ellul

Teknologi adalah sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki cirri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia( Miarso,Yusufhadi,2007:75)

  1. Galbraith

Teknologi adalah aplikasi sistematik sains atau pengetahuan lain dalam tugas pratikal (Miarso,Yusufhadi,2007:75)

  1. Iskandar Alisyahbana

Istilah teknologi berasal dari “Techne” atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan dengan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah “cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia (Miarso, Yusufhadi,2007:131)

  1. Ensiklopedi Pendidikan

Teknologi adalah ilmu yang menyelidiki cara-cara kerja didalam teknik dan ilmu pengetahuan yang dipergunakan didalam pabrik-pabrik dan industri (Poerbakawatja, Soegarda dan Harahap, 1982:357)

  1. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum

Teknologi adalah ilmu pengetahuan mengenai pembangunan dan industri(Saliman dan Sudarsono, 1994:216)

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan dan terapan.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagim kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

(Balai Pustaka, 1990: 1158)

 

  1. Barbara Seels Rita Rich

Teknologi adalah suatu rancangan  langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan  sebab akibat dalam

Mencapai hasil yang diharapkan(Rita Seels, Barbara, 1994).

  1. Then Contemporary English-Indonesia

Teknologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan industri bangunan. Mesin dan sebagainya (Salim, Peter, 1985:2015)

  1. Kusmayanto Kadiman

Teknologi adalah sebagai paduan sempurna antara ilmu (science), rekayasa (engineering), seni (art), dan ekonomi. (htpp://Fikriw.wordpress.com/2008/05/20/definisi teknologi)

  1. Capra

Teknologi adalah sebagai kumpulan alat, aturan dan prosedur yang merupakan penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu dalam cara yang memungkinkan pengulangan.

(htpp://ajidedim.wordpress.com/teknologi-islami/technologi)

  1. Toynbee

Teknologi adalah sebuah manifestasi langsung dari bukti kecerdasaan manusia. (htpp://ajidedim.wordpress.com/teknologi-islami/technologi)

 

Dari uraian diatas maka dapat saya simpulkan bahwa teknologi merupakan sistem yang diciptakan oleh manusia untuk suatu tujuan tertentu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

 

Definisi teknologi pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli antara lain sebagai berikut :

  1. National Centre For Programmed Learning,UK

Teknologi pendidikan adalah Penerapan pengetahuan ilmiah mengenai belajar dan kondisi belajar untuk meningkatkan keefektifitas dan efisiensi pengajaran dan pelatihan.(htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

  1. Finn Th 1920 – an

Teknologi pendidikan adalah “Pengajaran visual “, yang dimaksud dengan pengajaran visual adalah kegiatan mengajar dengan menggunakan alat bantu visual dengan terdiri dari gambar, model objek/alat-alat yang diaplikasikan untuk menyajikan pengalaman konkret melalui visualisasi kepada siswa. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. Definisi awal teknologi dipandang sebagai media

Teknologi Pendidikan adalah Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar darimanusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. Comission on Instructional Technology Th 1970

Teknologi Pendidikan adalah Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. AECT Th 1972

Teknologi Pendidikan adalah Satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan,pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu. (Miarso,Yusufhadi,2007:138)

 

  1. AECT Th 1977

Teknologi pendidikan adalah Proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang,prosedur,gagasan,sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.  (Miarso,Yusufhadi,2007:138-139)

 

  1. AECT Th 1994

Teknologi pendidikan / instruksional adalah teori dan praktek dalam mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola dan menilai proses-proses maupun sumber-sumber belajar. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. AECT Th 1999

Definisi ini lebih ditekankan pada Teknologi Pem

belajaran adalah merupakan penelitian dan aplikasi ilmu prilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem untuk melakukan analisis, desain,pengembangan implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk memecahkan masalah belajar dan kinerja.

(htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

 

  1. AECT Th 2004

Teknologi Pendidikan adalah Studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. Prof. Dr. Donald P. Elly Th. 1963

Teknologi pendidikan adalah cabang teori dan praktek pendidikan, khususnya yang berkepentingan dengan rancangan dan pemanfaatan pesan yang mengendalikan proses belajar. Kegiatan ini meliputi perencanaan, produksi, seleksi, pengelolaan dan pemanfaatan komponen-komponen sistem dan seluruh sistem instruksional. Tujuan praktisnya yaitu efisiensi pemanfaatan setiap metode dan media komunikasi yang dapat menyumbang pengembangan potensi belajar secara penuh. htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

Berdasarkan definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:
• teknologi pembelajaran / teknologi pendidikan adalah suatu disiplin/bidang (field of study)
• istilah teknologi pembelajaran dipakai bergantian dengan istilah teknologi pendidikan
• tujuan utama teknologi pembelajaran adalah (1) untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan (2) untuk meningkatkan kinerja;
• dalam mewujudkan tersebut menggunakan pendekatan sistemi (pendekatan yag holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial);
• kawasan teknologi pembelajaran dapat meliputi kegiatan yang berkaitan dengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, implementasi dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
• teknologi pembelajaran tidak hanya bergerak di persekolahan tapi juga dalam semua aktifitas manusia (seperti perusahaan, keluarga, organisasi masyarakat, dll) sejauh berkaitan dengan upaya memcahkan masalah belajar dan peningkatan kinerja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEFINISI PENDIDIKAN

 

Definisi yang dikemukan oleh para ahli antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Langeveld

Pendidikan adalah setiap usaha,pengaruh,perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah,buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebaginya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa. (Hasbullah, 2008 :2)

  1. John Dewey

Pendidikan adalah Proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesame manusia. (Hasbullah, 2008:2)

  1. J.J. Rousseau

Pendidikan adalah member kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa. (Hasbullah, 2008:2)

  1. Driyarkara

Pendidikan adalah pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf insane. (Hasbullah, 2008:2)

  1. Ahmad D. Maeimba

Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

(Hasbullah, 2008:3)

  1. Carter V. Good

Pendidikan adalah

  1. seni, praktik, atau profesi sebagai pengajar;
  2. Ilmu  yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip dan metode-metode mengajar, pengawasan dan bimbingan murid; dalam arti luas digantikan dengan istilah pendidikan. (Hasbullah, 2008:3)
  3. Ki Hajar Dewantara

Pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya. (Hasbullah, 2008:4)

  1. UU Nomor 2 Tahun 1989

Pendidikan adalah Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. (UU Republik Indonesia Nomor 2 thn 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional,1992 : 2)

  1. UU Nomor 20 Tahun 2003

Pendidikan adalah Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritualkeagamaan, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. (UU RI. No. 20 Thn.2003 tentang Sisdiknas, 2003 :2)

  1. Crow and Crow

Pendidikan adalah proses yang berisi berbagai macam kegiatan yang cocok bagi individu untuk kehidupan sosialnya dan membantu meneruskan adat dan budaya serta kelembagaan sosial dari generasi ke generasi (Ihsan, Fuad, 2008:4-5)

 

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pendidikan adalah Proses pengubahan sikap dan tata laku seorang atau kelompok atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (Balaipustaka,1990:263)

  1. Ensiklopedi Pendidikan

Pendidikan dalam arti yang luas meliputi semua perbuatan dan usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya serta keterampilan, Kepada generasi muda sebagai usaha menyiapkannya agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmaniah maupun rohaniah (Poerbakawatja,Soegarda dan Harahap,1982:257)

  1. Kamus Pendidikan Pengajaran Umum

Pendidikan adalah Semua perbuatan dan usaha dari seorang pendidik untuk mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya serta keterampilan lainnya. (Saliman dan Sudarsono,178)

Dari uraian diatas, maka pendidikan dapat diartikan sebagai :

  1. Suatu proses pertumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungan;
  2. Suatu pengarahan dan bimbingan yang diberikan kepada anak dalam pertumbuhannya;
  3. Suatu usaha sadar untuk menciptakan suatu keadaan atau situasi tertentu yang dikehendaki oleh masyarakat;
  4. Suatu pembentukan kepribadian dan kemampuan anak dalam  menuju kedewasaan.

Dari seluruh uraian tentang pengertian pendidikan diatas dapat kita kemukakan bahwa :

  1. Pendidikan adalah aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya yaitu rohani (pikir, karsa, rasa,

cipta dan budi rohani) dan jasmani (panca indera serta keterampilan-keterampilan).

  1. Pendidikan juga berarti lembaga yang bertanggung jawab menetapkan cita-cita (tujuan) pendidikan, isi, sistem dan organisasi pendidikan. Lembaga-lembaga ini meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat.
  2. Pendidikan berarti pula hasil atau prestasi yang dicapai oleh perkembangan manusia dan usaha lembaga-lembaga tersebut dalam mencapai tujuannya.

 

 

 

 

 

 

 

DEFINISI TEKNOLOGI

 

 

Definisi teknologi yang dikemukakan oleh para ahli atara lain dalah

  1. Jacques Ellul

Teknologi adalah sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki cirri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia( Miarso,Yusufhadi,2007:75)

  1. Galbraith

Teknologi adalah aplikasi sistematik sains atau pengetahuan lain dalam tugas pratikal (Miarso,Yusufhadi,2007:75)

  1. Iskandar Alisyahbana

Istilah teknologi berasal dari “Techne” atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan dengan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah “cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia (Miarso, Yusufhadi,2007:131)

  1. Ensiklopedi Pendidikan

Teknologi adalah ilmu yang menyelidiki cara-cara kerja didalam teknik dan ilmu pengetahuan yang dipergunakan didalam pabrik-pabrik dan industri (Poerbakawatja, Soegarda dan Harahap, 1982:357)

  1. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum

Teknologi adalah ilmu pengetahuan mengenai pembangunan dan industri(Saliman dan Sudarsono, 1994:216)

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan dan terapan.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagim kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

(Balai Pustaka, 1990: 1158)

 

  1. Barbara Seels Rita Rich

Teknologi adalah suatu rancangan  langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan  sebab akibat dalam

Mencapai hasil yang diharapkan(Rita Seels, Barbara, 1994).

  1. Then Contemporary English-Indonesia

Teknologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan industri bangunan. Mesin dan sebagainya (Salim, Peter, 1985:2015)

  1. Kusmayanto Kadiman

Teknologi adalah sebagai paduan sempurna antara ilmu (science), rekayasa (engineering), seni (art), dan ekonomi. (htpp://Fikriw.wordpress.com/2008/05/20/definisi teknologi)

  1. Capra

Teknologi adalah sebagai kumpulan alat, aturan dan prosedur yang merupakan penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu dalam cara yang memungkinkan pengulangan.

(htpp://ajidedim.wordpress.com/teknologi-islami/technologi)

  1. Toynbee

Teknologi adalah sebuah manifestasi langsung dari bukti kecerdasaan manusia. (htpp://ajidedim.wordpress.com/teknologi-islami/technologi)

 

Dari uraian diatas maka dapat saya simpulkan bahwa teknologi merupakan sistem yang diciptakan oleh manusia untuk suatu tujuan tertentu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

 

Definisi teknologi pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli antara lain sebagai berikut :

  1. National Centre For Programmed Learning,UK

Teknologi pendidikan adalah Penerapan pengetahuan ilmiah mengenai belajar dan kondisi belajar untuk meningkatkan keefektifitas dan efisiensi pengajaran dan pelatihan.(htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

  1. Finn Th 1920 – an

Teknologi pendidikan adalah “Pengajaran visual “, yang dimaksud dengan pengajaran visual adalah kegiatan mengajar dengan menggunakan alat bantu visual dengan terdiri dari gambar, model objek/alat-alat yang diaplikasikan untuk menyajikan pengalaman konkret melalui visualisasi kepada siswa. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. Definisi awal teknologi dipandang sebagai media

Teknologi Pendidikan adalah Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar darimanusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. Comission on Instructional Technology Th 1970

Teknologi Pendidikan adalah Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. AECT Th 1972

Teknologi Pendidikan adalah Satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan,pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu. (Miarso,Yusufhadi,2007:138)

 

  1. AECT Th 1977

Teknologi pendidikan adalah Proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang,prosedur,gagasan,sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.  (Miarso,Yusufhadi,2007:138-139)

 

  1. AECT Th 1994

Teknologi pendidikan / instruksional adalah teori dan praktek dalam mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola dan menilai proses-proses maupun sumber-sumber belajar. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. AECT Th 1999

Definisi ini lebih ditekankan pada Teknologi Pem

belajaran adalah merupakan penelitian dan aplikasi ilmu prilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem untuk melakukan analisis, desain,pengembangan implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk memecahkan masalah belajar dan kinerja.

(htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

 

  1. AECT Th 2004

Teknologi Pendidikan adalah Studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. Prof. Dr. Donald P. Elly Th. 1963

Teknologi pendidikan adalah cabang teori dan praktek pendidikan, khususnya yang berkepentingan dengan rancangan dan pemanfaatan pesan yang mengendalikan proses belajar. Kegiatan ini meliputi perencanaan, produksi, seleksi, pengelolaan dan pemanfaatan komponen-komponen sistem dan seluruh sistem instruksional. Tujuan praktisnya yaitu efisiensi pemanfaatan setiap metode dan media komunikasi yang dapat menyumbang pengembangan potensi belajar secara penuh. htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

Berdasarkan definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:
• teknologi pembelajaran / teknologi pendidikan adalah suatu disiplin/bidang (field of study)
• istilah teknologi pembelajaran dipakai bergantian dengan istilah teknologi pendidikan
• tujuan utama teknologi pembelajaran adalah (1) untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan (2) untuk meningkatkan kinerja;
• dalam mewujudkan tersebut menggunakan pendekatan sistemi (pendekatan yag holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial);
• kawasan teknologi pembelajaran dapat meliputi kegiatan yang berkaitan dengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, implementasi dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
• teknologi pembelajaran tidak hanya bergerak di persekolahan tapi juga dalam semua aktifitas manusia (seperti perusahaan, keluarga, organisasi masyarakat, dll) sejauh berkaitan dengan upaya memcahkan masalah belajar dan peningkatan kinerja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEFINISI PENDIDIKAN

 

Definisi yang dikemukan oleh para ahli antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Langeveld

Pendidikan adalah setiap usaha,pengaruh,perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah,buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebaginya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa. (Hasbullah, 2008 :2)

  1. John Dewey

Pendidikan adalah Proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesame manusia. (Hasbullah, 2008:2)

  1. J.J. Rousseau

Pendidikan adalah member kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa. (Hasbullah, 2008:2)

  1. Driyarkara

Pendidikan adalah pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf insane. (Hasbullah, 2008:2)

  1. Ahmad D. Maeimba

Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

(Hasbullah, 2008:3)

  1. Carter V. Good

Pendidikan adalah

  1. seni, praktik, atau profesi sebagai pengajar;
  2. Ilmu  yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip dan metode-metode mengajar, pengawasan dan bimbingan murid; dalam arti luas digantikan dengan istilah pendidikan. (Hasbullah, 2008:3)
  3. Ki Hajar Dewantara

Pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya. (Hasbullah, 2008:4)

  1. UU Nomor 2 Tahun 1989

Pendidikan adalah Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. (UU Republik Indonesia Nomor 2 thn 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional,1992 : 2)

  1. UU Nomor 20 Tahun 2003

Pendidikan adalah Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritualkeagamaan, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. (UU RI. No. 20 Thn.2003 tentang Sisdiknas, 2003 :2)

  1. Crow and Crow

Pendidikan adalah proses yang berisi berbagai macam kegiatan yang cocok bagi individu untuk kehidupan sosialnya dan membantu meneruskan adat dan budaya serta kelembagaan sosial dari generasi ke generasi (Ihsan, Fuad, 2008:4-5)

 

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pendidikan adalah Proses pengubahan sikap dan tata laku seorang atau kelompok atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (Balaipustaka,1990:263)

  1. Ensiklopedi Pendidikan

Pendidikan dalam arti yang luas meliputi semua perbuatan dan usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya serta keterampilan, Kepada generasi muda sebagai usaha menyiapkannya agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmaniah maupun rohaniah (Poerbakawatja,Soegarda dan Harahap,1982:257)

  1. Kamus Pendidikan Pengajaran Umum

Pendidikan adalah Semua perbuatan dan usaha dari seorang pendidik untuk mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya serta keterampilan lainnya. (Saliman dan Sudarsono,178)

Dari uraian diatas, maka pendidikan dapat diartikan sebagai :

  1. Suatu proses pertumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungan;
  2. Suatu pengarahan dan bimbingan yang diberikan kepada anak dalam pertumbuhannya;
  3. Suatu usaha sadar untuk menciptakan suatu keadaan atau situasi tertentu yang dikehendaki oleh masyarakat;
  4. Suatu pembentukan kepribadian dan kemampuan anak dalam  menuju kedewasaan.

Dari seluruh uraian tentang pengertian pendidikan diatas dapat kita kemukakan bahwa :

  1. Pendidikan adalah aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya yaitu rohani (pikir, karsa, rasa,

cipta dan budi rohani) dan jasmani (panca indera serta keterampilan-keterampilan).

  1. Pendidikan juga berarti lembaga yang bertanggung jawab menetapkan cita-cita (tujuan) pendidikan, isi, sistem dan organisasi pendidikan. Lembaga-lembaga ini meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat.
  2. Pendidikan berarti pula hasil atau prestasi yang dicapai oleh perkembangan manusia dan usaha lembaga-lembaga tersebut dalam mencapai tujuannya.

 

 

 

 

 

 

 

DEFINISI TEKNOLOGI

 

 

Definisi teknologi yang dikemukakan oleh para ahli atara lain dalah

  1. Jacques Ellul

Teknologi adalah sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki cirri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia( Miarso,Yusufhadi,2007:75)

  1. Galbraith

Teknologi adalah aplikasi sistematik sains atau pengetahuan lain dalam tugas pratikal (Miarso,Yusufhadi,2007:75)

  1. Iskandar Alisyahbana

Istilah teknologi berasal dari “Techne” atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan dengan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah “cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia (Miarso, Yusufhadi,2007:131)

  1. Ensiklopedi Pendidikan

Teknologi adalah ilmu yang menyelidiki cara-cara kerja didalam teknik dan ilmu pengetahuan yang dipergunakan didalam pabrik-pabrik dan industri (Poerbakawatja, Soegarda dan Harahap, 1982:357)

  1. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum

Teknologi adalah ilmu pengetahuan mengenai pembangunan dan industri(Saliman dan Sudarsono, 1994:216)

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan dan terapan.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagim kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

(Balai Pustaka, 1990: 1158)

 

  1. Barbara Seels Rita Rich

Teknologi adalah suatu rancangan  langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan  sebab akibat dalam

Mencapai hasil yang diharapkan(Rita Seels, Barbara, 1994).

  1. Then Contemporary English-Indonesia

Teknologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan industri bangunan. Mesin dan sebagainya (Salim, Peter, 1985:2015)

  1. Kusmayanto Kadiman

Teknologi adalah sebagai paduan sempurna antara ilmu (science), rekayasa (engineering), seni (art), dan ekonomi. (htpp://Fikriw.wordpress.com/2008/05/20/definisi teknologi)

  1. Capra

Teknologi adalah sebagai kumpulan alat, aturan dan prosedur yang merupakan penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu dalam cara yang memungkinkan pengulangan.

(htpp://ajidedim.wordpress.com/teknologi-islami/technologi)

  1. Toynbee

Teknologi adalah sebuah manifestasi langsung dari bukti kecerdasaan manusia. (htpp://ajidedim.wordpress.com/teknologi-islami/technologi)

 

Dari uraian diatas maka dapat saya simpulkan bahwa teknologi merupakan sistem yang diciptakan oleh manusia untuk suatu tujuan tertentu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

 

Definisi teknologi pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli antara lain sebagai berikut :

  1. National Centre For Programmed Learning,UK

Teknologi pendidikan adalah Penerapan pengetahuan ilmiah mengenai belajar dan kondisi belajar untuk meningkatkan keefektifitas dan efisiensi pengajaran dan pelatihan.(htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

  1. Finn Th 1920 – an

Teknologi pendidikan adalah “Pengajaran visual “, yang dimaksud dengan pengajaran visual adalah kegiatan mengajar dengan menggunakan alat bantu visual dengan terdiri dari gambar, model objek/alat-alat yang diaplikasikan untuk menyajikan pengalaman konkret melalui visualisasi kepada siswa. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. Definisi awal teknologi dipandang sebagai media

Teknologi Pendidikan adalah Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar darimanusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. Comission on Instructional Technology Th 1970

Teknologi Pendidikan adalah Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. AECT Th 1972

Teknologi Pendidikan adalah Satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan,pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan proses kesemuanya itu. (Miarso,Yusufhadi,2007:138)

 

  1. AECT Th 1977

Teknologi pendidikan adalah Proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang,prosedur,gagasan,sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.  (Miarso,Yusufhadi,2007:138-139)

 

  1. AECT Th 1994

Teknologi pendidikan / instruksional adalah teori dan praktek dalam mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola dan menilai proses-proses maupun sumber-sumber belajar. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. AECT Th 1999

Definisi ini lebih ditekankan pada Teknologi Pem

belajaran adalah merupakan penelitian dan aplikasi ilmu prilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem untuk melakukan analisis, desain,pengembangan implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk memecahkan masalah belajar dan kinerja.

(htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

 

  1. AECT Th 2004

Teknologi Pendidikan adalah Studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. (htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

  1. Prof. Dr. Donald P. Elly Th. 1963

Teknologi pendidikan adalah cabang teori dan praktek pendidikan, khususnya yang berkepentingan dengan rancangan dan pemanfaatan pesan yang mengendalikan proses belajar. Kegiatan ini meliputi perencanaan, produksi, seleksi, pengelolaan dan pemanfaatan komponen-komponen sistem dan seluruh sistem instruksional. Tujuan praktisnya yaitu efisiensi pemanfaatan setiap metode dan media komunikasi yang dapat menyumbang pengembangan potensi belajar secara penuh. htpp//neozonk.blogspot.com.2007/11/sejarah perkembangan teknologi)

 

Berdasarkan definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:
• teknologi pembelajaran / teknologi pendidikan adalah suatu disiplin/bidang (field of study)
• istilah teknologi pembelajaran dipakai bergantian dengan istilah teknologi pendidikan
• tujuan utama teknologi pembelajaran adalah (1) untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan (2) untuk meningkatkan kinerja;
• dalam mewujudkan tersebut menggunakan pendekatan sistemi (pendekatan yag holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial);
• kawasan teknologi pembelajaran dapat meliputi kegiatan yang berkaitan dengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, implementasi dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
• teknologi pembelajaran tidak hanya bergerak di persekolahan tapi juga dalam semua aktifitas manusia (seperti perusahaan, keluarga, organisasi masyarakat, dll) sejauh berkaitan dengan upaya memcahkan masalah belajar dan peningkatan kinerja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.