Merymaswarita's Blog

Just another WordPress.com weblog

6 LANGKAH MEMBINA PRIBADI KUAT Desember 31, 2009

Filed under: Uncategorized — merymaswarita @ 2:01 pm

6 LANGKAH MEMBINA PRIBADI KUAT
Jiwa seorang anak masih sangat suci dan polos. oleh karena itu, orang tua perlu menyadari bahwa pembentukan kepribadian seseorang dimulai dari sejak masa kanak-kanak. Setiap orang tua sudah pasti sangat menghendaki anak tumbuh dan berkembang, Sehingga Ia akan menjadi seorang pemuda dengan kepribadian yang kuat, bertanggungjawab, teguh hati dan berhasil dalam hidupnya.
Langkah-langkah berikut ini yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik anak agar mempunyai kepribadian yang kuat :
1. Adanya hubungan harmonis antara anak dan orang tua
Cara mendidik anak sangat dipengaruhi oleh kepribadian dan pengalaman hidup dari orang
tuanya. Biasanya anak yang diasuh dalam asuhan yang keras dan orang tua yang bersikap
otoriter dapat menyebabkan anak menjadi rendah diri dan sulit bergaul.
2. Membiasakan anak mengambil keputusan sendiri
Untuk membiasakan anak dalam mengambil keputusan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil
Misalnya : Pada waktu anak tersebut membeli sepatu atau baju biarkan anak sendiri yang memilih modelnya. Terkadang orang tua melupakan satu hal bahwa anak juga berhak untuk memilih yang terbaik bagi dirinya.
3. Biarkan anak melakukan kesalahan
Orang tua pada umumnya menginginkan anak tumbuh dengan sempurna sehingga tidak mengingkan anaknya untuk melakukan kesalahan.
Anak yang di didik menjadi seorang yang serba sempurna, pada saat anak tersebut melakukan kesalahan ia akan sangat mudah mengalami kekecewaan dan frustasi.Dengan demikian anak yang mempunyai sikap bahwa kesalahan merupakan hal yang wajar dalam proses belajar dan juga belajar untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Sikap tersebut akan membuat anak lebih tangguh dalam menghadapi kehidupan dan tidak mudah patah semangat.
4. Memahami orang lain
Orang tua hendaknya perlu menanamkan kesadaran pada anak bahwa kehidupan sangat bervariasi tidak semua orang bisa hidup berkecukupan dan mewah. masih ada anak-anak terlantar yang mana hidupnya serba kekurangan.
5. Disiplin
Menanamkan kebiasaan disiplin dapat kita lakukan sejak anak masih bayi. Misalnya dengan mengatur jam makan dan minum bayi, Pada anak-anak dapat diterapkan pada anak tersebut dengan membiasakan anak tersebut bangun pagi dan melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.
Orang tua harus memberikan pengertian dengan sabar bahwa disiplin yang ditanamkan pada anak akan sangat berguna bagi mereka.
6. Menanamkan Jiwa Mandiri
Orang tua sering membiasakan anak untuk menerima bantuan dari orang-orang disekelingnya. Mulai dari anak mandi harus dimandiin, makan harus disuapi dan lain-lain. Sikap orang tua tersebut akan menghambat perkembangan mental anak. Anak tersebut akan tumbuh menjadi seorang yang serba ragu-ragu dan hidupnya sangat bergantung kepada orang lain.

Semoga tulisan yang saya buat ini bermanfaat bagi kita semua di dalam mendidik anak menjadi seorang yang mandiri dan membina pribadi anak yang kuat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s